Selasa, 03 April 2012

Keagungan anak yatim

Allah عزّوجلّ berfirman:
وَيُطْعِمُونَ الطَّعَامَ عَلَى حُبِّهِ مِسْكِيناً وَيَتِيماً وَأَسِيراً. إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنكُمْ جَزَاء وَلَا شُكُوراً. إِنَّا نَخَافُ مِن رَّبِّنَا يَوْماً عَبُوساً قَمْطَرِيراً. فَوَقَاهُمُ اللَّهُ شَرَّ ذَلِكَ الْيَوْمِ وَلَقَّاهُمْ نَضْرَةً وَسُرُوراً
“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. Sesungguhnya kami memberi makan kepada kalian demi mencari wajah Allah, kami tidak menginginkan balasan dan tanda terima kasih dari kalian. Sesungguhnya kami takut akan siksa Rabb kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan, maka Allah memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati.” (QS. al-Insan [76]: 8-11)
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا
“Aku dan pengasuh anak yatim berada di surga seperti ini. Beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengahnya dan beliau sedikit merenggangkan kedua jarinya.” (HR. al-Bukhari)
Demikianlah keutamaan mengasuh anak yatim dalam Islam. untuk mengetahui hal yang berkaitan dengan anak yatim maka kami ketengahkan eBook ini yang terdiri dari dua artikel yakni “Keagungan Anak Yatim dalam Islam” oleh Ustadz Ahmad Sabiq Abu Yusuf  خفظه الله dan “Bagaimana Seharusnya Mengelola Harta Anak Yatim?” oleh Ustadz Abu Ammar al-Ghoyami خفظه الله.
Semoga kita dapat mengilmui eBook ini dan mengamalkannya pada kehidupan kita, Amin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar